pasang

Breaking News

Like us On Facebook

Sunday, February 26, 2017

Perintah Dasar Dalam Cisco

Lab 4 - Perintah Dasar Cisco


    Oke sekarang kita akan belajar tentang perintah dasar cisco. Kita akan menggunakan aplikasi cisco packet tracer.





    kita akan memulai nya dengan berkenalan dengan mode yang ada di setiap device Cisco. Jadi di setiap device Cisco memiliki tingkatan tersendiri dalam melakukan konfigurasinya. Konfigurasi yang dapat dilakukan pun berbeda di setiap modenya. Di Cisco sendiri ada 3 Mode Umum yaitu


    Setiap mode itu diwakili oleh tanda yang berbeda , seperti yang kalian lihat di atas , bahwa User Mode diwakili tanda “>” , Privilege = “#” , dan Global Configuration = (config)”. Oke setelah kalian tau tentang jenis mode nya , sekarang kita bahas cara untuk pindah dari 1 mode ke mode lainnya.

    Perintah enable digunakan untuk masuk ke privilage mode. Privilage mode merupakan mode super user, jadi kita bisa melakukan apapun di privilage mode ini. Privilage mode ditandaidengan tanda pagar (#). 

      Sebelum masuk ke privilage mode, kita berada di user mode, user mode ditandai dengan tanda lebih dari (>). Selanjutnya perintah configure terminal digunakan untuk masuk ke konfig mode. Pada konfig mode, kita diizinkan untuk melakukan konfigurasi pada router maupun switch cisco.

  Selanjutnya perintah hostname digunakan untuk konfigurasi hostname router ataupun switch cisco.


        Perintah enable password digunakan untuk mengaktifkan password pada saat ingin masuk ke privilage mode. Perintah exit digunakan untuk keluar dari config mode ke privilage mode, dari privilage mode ke user mode.


     Namun konfigurasi password dengan cara diatas kurang aman, hal ini dikarenakan password yang kita konfigurasikan dapat dilihat dengan sangat mudah.


Perhatikan bahwa password yang kita konfigurasikan dapat dilihat dengan sangat jelas. Perintah show running-config digunakan untuk melihat konfigurasi apa saja yang telah kita lakukan pada switch atau router.

Konfigurasi password yang aman adalah dengan cara berikut.


Perintah no enable password digunakan untuk menghapus konfigurasi yang sebelumnya telah kita lakukan. Selanjutnya untuk konfigurasi password yang lebih aman, kita     menggunakan perintah enable secret.

Kita coba lihat hasilnya.


Perhatikan bahwa saat ini password yang kita konfigurasikan sudah tidak bisa dibaca dengan mudah.
Selanjutnya untuk menyimpan konfigurasi yang telah kita lakukan, kita bisa menggunakan perintah berikut.














No comments:

Post a Comment


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Designed By